Task 10 : Tata Kelola IT

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yoo apa kabar sobat sobat sekalian? Pasti kangen berat yaa sama ane hehe. Yaa pasti kalian tau banget kan kalo ada post baru ini artinya ane sedang ngapain? Yaps bener banget! Ane sedang ngerjain tugas resume dari dosen Pengantar Sistem Informasi. Langsung saja yuk disimak~

Tata Kelola IT

  • Pengertian

Menurut Peter Weill & Jeanne W Ross, tata kelola IT merupakan Penentuan Hak Keputusan dan kerangka kerja akuntabilitas untuk mendorong perilaku yang diinginkan dalam menggunakan Teknologi Informasi.

Sedangkan menurut Australian Standard on Corporate Governance of ICT, tata kelola IT merupakan cabang yang melibatkan ICT dalam mengevaluasi dan mengarahkan rencana penggunaan Teknologi untuk mendukung organisasi dan memantau penggunaan Teknologi Informasi untuk mencapai rencana strategis perusahaan.

blog21

  • Standar Tata Kelola IT

– IT Infrastructure Library : Berfokus pada pelayanan IT, yaitu ; Service Support dan Service Desk
– COBIT : Berfokus pada proses IT kontrol yang menggunakan skala non-existence sampai optimized, misalnya skala 0 – 5
– IT Service Management : Fokusnya pada penyediaan kerangka kerja untuk menstruktur aktifitas yang terkait IT dan interaksinya dengan customer, dapat dibilang lebih kompleks dibanding IT Infrastructure Library

  • Manfaat Tata Kelola IT di Perusahaan

– Manajemen Eksekutif : Peningkatan kualitas layanan IT dari ssegi waktu
– Pemilik Bisnis : Pengurangan resiko IT dan penghematan biaya
– Manajer Lain : Peningkatan pengiriman layanan IT
– Semua Pekerja IT : Aktifitas kinerja akan lebih efektif dan efisien

– Transparency & Accountability : Transparan terhadap biaya IT yang digunakan, dan membantu dalam menjelaskan pengambilan keputusan
– Stakeholder Value : Meningkatkan kinerja tiap stakeholder yang memiliki hubungan langsung dengan IT yang sedang dikerjakan
Opportunities & Partnership : Menjalin hubungan kerja sama dengan Partner yang sudah ada, dan dapat memanfaatkan kesempatan guna meningkatkan kinerja perusahaan
Performance Improvement : Meningkatkan performance dengan menerapkan IT Service atau Project Support, untuk memperbaiki identitas dari perusahaan
– External Complience : Mengizinkan sebuah pendekatan integrasi untuk mempertemukan Legal External dan syarat/ peraturan dalam perusahaan

  • Penerapan Tata Kelola IT di Perusahaan

– COBIT Framework terdiri dari 4 domain utama : Planning and Organization (perencanaan dan penyelarasan), Aquisition and Implementation (penerapan IT), Delivery and Support (pelayanan), dan Monitoring (pengawasan).
– ITIL Frameworknya terdiri dari : Service Support, Service Desk, Service Delivery, IT Service Continuity Management, Financial Management to TI Service

  • COBIT Framework

– Tersedianya sumber daya IT : Data, sistem informasi, teknologi, fasilitas, SDM
– Proses : Perencanaan dan pengaturan, pengadaan dan implementasi, pengantaran dan dukungan, serta pengawasan dan evaluasi
– Harapan : Efektifitas, efisiensi, kerahasiaan, integritas, ketersediaan, pemenuhan, dan kehandalan informasi

  • IT Infrastructure Library Framework

– Rencana untuk mengelola layanan implementasi
– Perspektif bisnis
– Layanan bantuan dan pengiriman dengan adanya keamanan
– Mengelola infrastruktur ICT dengan keamanan
– Mengelola aplikasi

Yaa mungkin cukup sekian yang ane dapat rangkum, bila ada kekurangan mohon dimaafkan yaa. Soalnya ane juga udah ngantuk banget buat ngerjain ginian hehe. Sekian dan terimakasih~

Wasalamu’alaikum Wr. Wb.

Source : Materi PowerPoint dari dosen Pengantar Sistem Informasi

Ferryansa

Just a normal human.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *