Task 6 : Jenis Sistem Informasi

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yoo watzap gaes! Kembali lagi dengan ane di blog tercinta ini, yang hanya membahas tentang resume tentang pertemuan lusa *hiks*. Yaa karna emang pertemuan kemarin membahas tentang materi, jadi ane nangkep nih apa apa aja yang mau dibahas sekarang. Langsung aja deh biar ga bertele-tele, cekidot~

  • Klasifikasi Sistem Informasi

– Level organisasi
– Area fungsional
– Dukungan yang diberikan
– Aktivitas manajemen
– Arsitektur sistem informasi
– Pribadi
– Kelompok kerja (workgroup)
– Perusahaan (enterprise)

t6

  • Sistem Informasi Fungsional

Ditunjuk untuk memberikan informasi bagi kelompok orang yang berada pada bagian tertentu dalam perusahaan. Sistem ini dipecah menjadi :

– Sistem Informasi Akuntansi : Mencakup semua transaksi yang berhubungan dengan penghitungan keuangan dalam perusahaan atau organisasi. Sistem ini sangan membantu, terutama pada periode tutup buku akhir tahun. Karena dengan adanya sistem ini, semua transaksi selama setahun akan tersimpan ke dalam sistem. Guna memudahkan melakukan proses menjadi lebih cepat, efisien, dan lebih optimal.

t7

– Sistem Informasi Keuangan : Menyangkut keuangan perusahaan yang nantinya dapat terintegrasi dengan Sistem Informasi Akuntansi. Dengan adanya sistem ini, maka setiap detail transaksi keuangan dari sebuah perusahaan atau organisasi tidak akan terlewat. Sehingga sangat memudahkan setiap bagian perusahaan yang sistem informasinya terintegrasi untuk melakukan analisis.

t8

– Sistem Informasi Manufaktur : Sistem yang bekerja sama dengan sistem lain untuk mendukung manajemen perusahaan (perencanaan maupun pengendalian) dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan produk atau jasa yang dihasilkan. Kebanyakan digunakan dan diimplementasikan pada perusahaan yang bergerak di bidang produksi. Sistem ini dapat terintegrasi dengan Sistem Informasi Keuangan dan Sistem Informasi SDM karena banyak fungsi dari sistem ini yang sangan penting untuk mereka.

t9

– Sistem Informasi Pemasaran : Sistem yang membantu mencatat dan menyediakan informasi penting mengenai penjualan yang telah dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mendukung keputusan yang berkaitan dengan bauran pemasaran, mencakup 4P ; Product (produk), Place (tempat), Promotion (promosi), dan Price (harga).

t11

– Sistem Informasi SDM : Menyediakan informasi yang dipakai oleh fungsi personalia dari sebuah perusahaan atau organisasi.

t10

  • Sistem Informasi Berdasarkan Dukungan yang Tersedia

– Sistem Pemrosesan Transaksi (TPS) :  Merupakan sistem yang terkomputerisasi yang digunakan untuk menghimpun, menyimpan, dan memproses data dalam umlah besar dengan tujuan transaksi bisnis rutin. Jenis TPS ada 3, yakni ;
1. Pemrosesan Tumpuk (Batch Processing) : Data ditumpuk dulu dalam rentang waktu tertentu, lalu kemudian diproses.
2. Pemrosesan Seketika (Online Processing) : Setiap transaksi terjadi segera dilakukan proses.
3. Pemrosesan Hibrid (Inline) : Perpaduan antara batch dan online.
4. Online Transaction Processing (OLTP) : Menggunakan arsitektur client-server.
5. Customer Integrated System (CIS) : Pelanggan dapat melaksanakan transaksinya sendiri.

t12

– Sistem Informasi Manajemen (MIS) : Sistem yang sudah terkomputerisasi yang bekerja dengan cara menyajikan informasi untuk mendukung operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Umumnya mengambil data dari Sistem Pemrosesan Transaksi.

t13

– Sistem Otomasi Perkantoran (OAS) : Sistem yang memberikan fasilitas tugas-tugas pemrosesan informasi sehari-hari di dalam perkantoran dan organisasi bisnis. Sistem ini biasanya tidak menciptakan pengetahuan baru, melainkan hanya menganalisis informasi sedemikian rupa untuk mentransformasikan data untuk memanipulasinya dengan cara tertentu sebelum membagikannnya secara keseluruhan.

– Sistem Pendukung Keputusan (DSS) : Merupakan sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan, dan manipulasi data yang digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dimana tidak seorang pun yang tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat. Sistem ini tergantung pada basis data sebagai sumbernya. Walaupun DSS menekankan pada pembuat keputusan, tetapi keputusan aktual masih wewenang ekslusif si pembuat keputusan.

– Sistem Informasi Eksekutif (EIS) : Merupakan sistem informasi yang dirancang untuk membantu eksekutif mencari informasi yang diperlukan ketika mereka membutuhkan dalam bentuk apapun yang paling bermanfaat. Meskipun EIS tergantung pada informasi yang dihasilkan oleh TPS dan MIS, tetapi dapat membantu para eksekutif untuk membuat keadaan data tampak masuk akal.

– Sistem Pendukung Kelompok (GSS) : Sistem yang mendukung pekerjaan yang dilakukan oleh kelompok dan tim. Proyek yang dilakukan oleh kelompok dan tim terjadi selama periode waktu yang lebih lama dari satu pertemuan.

– Sistem Pendukung Cerdas (ISS) : Sistem yang berguna untuk belajar atau memahami permasalahan berdasarkan pengalaman, juga memberikan tanggapan yang cepat dan memuaskan terhadap situasi-situasi baru dan mampu menangani masalah yang kompleks berdasarkan pengetahuan dan penalaran.

Yaa mungkin cukup sekian resume yang bisa ane tangkep, walaupun beberapa ngambil dari blog orang sebagai referensi lebih lanjut. Ane berharap, semoga postingan ini bisa bermanfaat untuk ane sendiri maupun bagi orang lain di luar sana. Jika ada kesalahan, ane mohon maaf.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  • Source :
    – Materi kuliah Pengantar Sistem Informasi
    – http://dosenit.com/kuliah-it/sistem-informasi/jenis-jenis-sistem-informasi
    – http://sarangilmu.com/sistem-informasi-berdasarkan-dukungan-yang-tersedia/
    – https://www.translate.com/english/tujuan-mendasar-dari-suatu-sistem-pendukung-kelompok-gss-adalah-untuk-mendukung-pekerjaan-yang-dil/2229917
    – http://slidegur.com/doc/1334592/sistem-pendukung-cerdas

Ferryansa

Just a normal human.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *