Task 4 : Hardware dan Software

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pagi soger~ Yaa kalian pasti tau lah alasan gue nge-blog seperti ini tujuan nya untuk apa. Yap bener banget, ane lagi ngerjain tugas nge-resume mata kuliah Pengantar Sistem Informasi pada pertemuan lalu. Yaa karna deadline nya 2 hari sesudah pertemuan, artinya hari ini deadline yang sudah ditentukan. Yuk kita ke inti pembicaraannya~

  • Pengertian

Kita semua tau PC (Personal Computer) sangat berguna bagi kehidupan kita. Sesuatu yang ada pasti memiliki pondasi untuk membangunnya. Pondasi / elemen yang terdapat pada PC ada 3 jenis, yakni; Hardware, Software, dan Brainware. Tetapi disini kita hanya akan membahas tentang Hardware dan Software saja.

Apa itu hardware? Hardware atau perangkat keras adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Contoh dari hardware yakni; input (keyboard, mouse, dll), pemrosesan (prosesor, memori, dll), dan output (monitor, speaker, printer, dll).

Beralih ke software, software  atau perangkat lunak adalah data-data yang terdapat pada sebuah komputer yang disimpan secara digital. Dapat dibilang juga software merupakan komponen yang  tak nampak secara fisik, tetapi ada di dalam komputer. Contoh dari software antara lain:
– Sistem Operasi : Guna menghubungkan antara hardware dengan user.
– Software Aplikasi : Aplikasi yang gunanya untuk memenuhi kebutuhan user (contoh: word, exel, photoshop, dll).

  • Hardware & Software

Hardware

t

 

Software

t5

  • Klasifikasi Software

Sistem Operasi, perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak atau user (MS Windows, LINUX, NetWare, dll).
Program Utilitas, program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer (antivirus, dll).
– Program Aplikasi, program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik (aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, dll).
– Program Paket, program yang dikembangkan untuk kebutuhan Word Processing (Ms Word, wordstar, dll), Spreadsheet (Lotus123, MS Exel, dll), presentasi (MS PowerPoint, dll), desain grafis (CorelDRAW, PhotoShop, dll).
– Bahasa Pemprograman, perangkat lunak untuk membuat atau mengembangkan perangkat lunak lain. Ada basa pemprograman tingkat rendah, sedang, dan tinggi.

 

  • Pengembangan Siklus Pengelola Data

t4

– Origination : Tahap yang berhubungan dengan proses pengumpulan data.
– Input : Tahap memasukkan data ke dalam komputer.
– Processing : Tahap pengelolaan dari data yang sudah dimasukkan sebelumnya.
– Output : Tahap yang menghasilkan produk dari hasil pengelolaan data.
– Distribution : Tahap penyebaran produk ke  pihak yang membutuhkannya.
– Storage : Tahap perekaman hasil pengelolaan terhadap simpanan luar.

Yaa mungkin gitu aja yang bisa ane resume, kedikitan yaa? Maapin aja yaa /.\
Jujur aja ane sebenernya kurang ahli dalam me-resume, tapi mau gimana lagi? Ini tugas yang diberikan oleh dosen. Mungkin beliau juga ingin meningkatkan potensi kita dalam hal penulisan blog juga #PositiveThinking

Sekian dan terima kasih 🙂
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Ferryansa

Just a normal human.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *